Rabu, 23 April 2014

Pengetahuan Dasar Lift 1

Definisi Lift adalah pesawat pengangkut manusia atau barang yang digerakkan dengan tenaga baik melalui transmisi tarikan langsung (tanpa atau dengan roda gigi) maupun transmisi sistem hidrolik dengan gerakkan vertikal naik dan turun.
  • Transmisi Tarikkan Langsung (Motor Traksi) : menggunakan penggerak motor traksi. Mesin oenggerak yang terdiri dari motor AC maupun DC yang dihubungkan dengan gear box (speed reducer) dilengkapi dengan rem, pulley (main sheave) serta membentuk suatu bagian yang kompak.
  • Nama-nama komponen utama lift

Motor Traksi Ditinjau Dari Sistem Roping :
  1. Overhead Type one-to-one single wrap : artinya 1:1 yaitu kecepatan putaran mesin lift sebanding dengan kecepatan kereta/sangkar.
  2. Basement Type one-to-one single wrap : Atinya sama dengan overhead type one-to-one single wrap tetapi kamar mesin terdapat pada lantai dasar.
  3. Overhead Type two-to-one double wrap : artinya ruang mesin berada di atas, kecepatan mesin lift 2 kali dari kecepatan kereta/sangkar (2:1). sistem roping pada pulley dililitkan dua kalinya agar tidak terjadi slip.
  4. Overhead Type two-to-one single wrap : prinsipnya sama seperti no.3 akan tetapi sistem roping pada pulley tidak dililitkan dua kali.
Read more...........