Minggu, 09 September 2012

RANGKAIAN LISTRIK (lanjut)

2. Tegangan

Tegangan (voltage), atau sering disebut sebagai "beda potensial", adalah kerja yang dilakukan untuk menggerakkan muatan sebesar satu Coulomb dari satu terminal ke terminal lainnya. Atau, dengan kata lain, jika suatu muatan sebesar satu Coulomb digerakkan atau dipindahkan, maka akan terdapat beda potensial pada kedua terminalnya.

Kerja yang dilakukan sebenarnya adalah energi yang dikeluarkan. Jadi, berdasarkan pengertian diatas, tegangan adalah energi persatuan muatan.
Satuannya : Volt (V)

Gambar : Beda potensial antara 2 terminal A-B
Pada gambar diatas, terminal A mempunyai beda potensial lebih tinggi daripada potensial di terminal B. Ada dua buah istilah yang sering dipakai pada Rangkaian Listrik, yaitu :
  • Tegangan Turun (voltage drop) : Jika dipandang dari potensial lebih tinggi ke potensial lebih rendah dalam hal ini dari terminal A ke terminal B.
  • Tegangan Naik (votltage rise) : Jika dipandang dari potensial lebih rendah ke potensial lebih tinggi dalam hal ini dari terminal B ke terminal A.

3. Energi

Energi adalah kerja yang dilakukan oleh gaya sebesar satu Newton sejauh satu meter. Jadi, energi adalah suatu kerja dimana kita memindahkan sesuatu dengan mengeluarkan gaya sebesar satu Newton, dengan jarak tempuh pemindahan sebesar satu meter.

Di alam berlaku Hukum Kekekalan Energi, di mana energi sebetulnya tidak dapat dihasilkan dan tidak dapat dihilangkan, energi hanya berpindah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Contohnya pembangkit listrik, energi dari air yang bergerak akan berpindah menjadi energi cahaya jika energi listrik tersebut melewati suatu lampu, dan energi cahaya akan berpindah menjadi energi panas jika bola lampu tersebut dipakai dalam waktu lama, demikian seterusnya.

Untuk menyatakan apakah energi dikirim atau diserap, bukan hanya polaritas tegangan yang berpengaruh, tetapi juga arah arus. Berdasarka energi yang dihasilkan, Elemen Listrik digolongkan menjadi 2, yaitu :
  1. Elemen yang menyerap energi : Jika arus positif meninggalkan terminal positif (terminal positif berada diluar elemen tersebut) atau arus positif memasuki terminal positif (terminal positif berada di ujung elemen tersebut), maka dikatakan bahwa elemen tersebut menyerap energi dari luar, atau energi dari luar dikirim ke elemen tersebut.
  2. Elemen yang mengirim energi : Jika arus positif memasuki terminal positif (terminal positif berada diluar elemen tersebut), atau arus positif meninggalkan terminal positif (terminal positif berada di ujung elemen tersebut), maka dikatakan bahwa elemen tersebut mengirim energi ke luar atau energi dari elemen dikirim ke luar.

Energi yang diserap/dikirim pada suatu elemen yang bertegangan V dengan muatan yang melewatinya sebesar  adalah 
Satuannya adalah Joule (J)

4. Daya

Daya merupakan rata-rata kerja yang dilakukan.
Daya secara matematis :
Satuannya adalah Watt (W)

5. Analisis Rangkaian

Anasisis Rangkaian adalah Mencari hubungan antara masukan dan keluaran pada rangkaian yang telah diketahui, misalkan mencari keluaran tegangan/arus ataupun menentukan energi/daya yang dikirim.
Ada dua cabang utama dari teori rangkaian (input, rangkaian, output) :
  1. Analisis rangkaian (rangkaian dan input untuk mencari output
  2. Sintesis rangkaian/desain (input dan output untuk mencari rangkaian.
Artikel Rangkaian Listrik Sebelumnya

Tidak ada komentar: