Kamis, 06 Juni 2013

MACAM-MACAM KONEKSI INTERNET

Internet (interconnected Networking) adalah jaringan komputer dalam skala dunia. Internet terdiri dari banyak jaringan lokal yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan global dengan segala macam aturan (protocol) dan aplikasinya. Protocol utama yang digunakan saat ini TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yaitu sekumpulan aturan untuk komunikas data antar komputer dalam suatu jaringan.
Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk terhubung ke internet. Dibawah ini dijelaskan macam-macam koneksi internet.

1. Berdasarkan Media yang digunakan
    a. Kabel
      • ISDN (Integrated Service Digital Network)
      Merupakan sistem telekomunikasi terpadu dalam sebuah media. Layanan data, suara, dan gambar diintegrasikan kedalam sebuah jaringan. Pengguna ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila dibandingka dengan sistem yang terpisah. Kecepatan transfer ISDN hingga 128 kbps.
      • DSL (Digital Subscriber Line)
      Merupakan teknologi telekomunikasi yang menyediakan penghantar data digital melalui jaringan telepon setempat. Kecepatan transfer data DSL lebih tinggi dibandingkan dengan ISDN biasa, yaitu antara 256 kbps hingga 24 Mbps tergantung dari teknologi DSL yang digunakan. Jenis-jenis DSL antara lain :

      • ADSL (Asymmetrical Digital Subscriber Line)
      • HDSL (High Data Rate Digital Subscriber Line)
      • SDSL (Single Line Digital Subscriber Line)
      • VDSL (Very High Data Rate Digital Subscriber Line)
      Gambar Koneksi Internet Menggunakan ADSL

      b. Tanpa Kabel ( Wireless)
        Wireless menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi data pengganti kabel. Wireless bekerja secara point-to-point, yaitu antara pengirim (transmitter) dan penerima (receiver). Koneksi menggunakan wireless sangat menguntungkan apabila digunakan dalam jaringan dengan skala yang luas. Fekuensi umum yang digunakan adalah 2,4 GHz. Koneksi internet menggunakan wireless meliputi :
        • Wireless LAN 
        Koneksi yang berbentuk jaringan lokal (LAN) dengan IP statis yang berasal dari ISP setempat. Koneksi ini menggunakan access point dan antena wi-fi sebagai penerima sinyal wi-fi.
        • Wireless Mobile
        Merupakan koneksi internet melalui jaringan telepon bergerak (mobile phone) kecepatan akses tidak stabil karena dipengaruhi oleh kekuatan sinyal pada daerah tertentu tempat perangkat mengakses internet. Koneksi ini menggunakan radio modem/wireless modem sebagai penerima sinyal.

        2. Berdasarkan Cara koneksi

        Berdasarkan cara koneksinya, terdapat 2 macam cara koneksi internet, yaitu :
        • Dial-Up
        Merupakan cara koneksi internet yang menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak (mobile phone). Untuk dapat mengakses internet, diperlukan perangkat modem yang akan melakukan pemanggilan (dial) ke ISP (Internet Service Provider). Kecepatan transfer data pada modem standar sekitar 56 kbps.
        • BroadBand
        Merupakan cara koneksi yang menggunakan jalur pita lebar dengan kecepatan akses data yang tinggi. Transfer data mampu mencapai 512 kbps atau lebih. Jenis koneksi BroadBand berdasarkan media yang digunakan seperti ADSL, internet kabel, satelit, dan broadband GSM menggunakan teknologi 3G atau 3,5G HSDPA. 

        Tidak ada komentar: